5 Pemain yang Tidak Seharusnya Gabung Barcelona, Nomor 3 Pemain Termahal

https: img.okeinfo.net content 2018 04 23 46 1890265 5-pemain-yang-tidak-seharusnya-gabung-barcelona-nomor-3-pemain-termahal-jqZC9TmR8L.jpg
(Foto: AFP/Josep Lago)

TIDAK ada yang meragukan bahwa Barcelona adalah salah satu klub terkuat di dunia. Salah satu bukti sahih kehebatan Blaugrana –julukan Barcelona– terlihat dari fakta yang mengatakan bahwa Barcelona adalah satu-satunya klub yang mampu dua kali meraih treble winner. Pencapaian di atas membuat banyak pemain top Eropa ingin menjalani karier bersama Barcelona.

Akan tetapi karena berbagai alasan, pemain-pemain bintang tersebut justru melempem saat berseragam Barcelona. Bisa dibilang, nama-nama di bawah ini tidak seharusnya melanjutkan karier di Barcelona karena langsung menurunkan level permainan mereka. Siapa saja?

5. Paco Alcacer
Alcacer disebut-sebut sebagai salah satu penyerang andalan Tim Nasional (Timnas) Spanyol di masa depan. Ketajaman bersama Valencia jadi salah satu tolok ukurnya. Alhasil pada bursa transfer musim panas 2016, Barcelona mendatangkan Alcacer dari Valencia seharga 30 juta euro atau sekira Rp511 miliar.

Saat itu, Alcacer diplot untuk memberi persaingan kepada trio Lionel Messi, Luis Suarez dan Neymar Jr. Akan tetapi, Alcacer gagal bersaing dengan ketiga nama di atas. Penyerang berusia 24 tahun itu lebih banyak duduk di bangku cadangan. Dari 47 penampilan bersama Barcelona hingga saat ini, Alcacer baru mengemas 15 gol.

4. Dmytro Chygrynskiy
Barcelona sempat dibuat kesulitan saat dua kali bertemu Shakhtar Donetsk di Fase Grup C Liga Champions 2008-2009. Setelah menang 2-1 di kandang Shakhtar, Barcelona tumbang 2-3 di kandang sendiri. Saat itu bek Shakhtar Dmytro Chygrynskiy jadi sosok yang tampil luar biasa, dengan memberi kesulitan kepada Lionel Messi dan kawan-kawan.

Alhasil pada bursa transfer musim panas 2009, Chygrynskiy diboyong seharga 25 juta euro (Rp426 miliar). Bek berpaspor Ukraina itu didatangkan untuk memberi persaingan kepada Carles Puyol dan Gerard Pique. Akan tetapi, Chygrynskiy gagal bersaing. Sepanjang musim 2009-2010, Chygrynskiy hanya tampil di 14 pertandingan. Alhasil pada bursa transfer musim panas 2010, Chygrynskiy dijual kembali ke Shakhtar.

3. Zlatan Ibrahimovic
Barcelona mendatangkan Zlatan Ibrahimovic dari Inter Milan pada bursa transfer musim panas 2009. Selain memberikan 69,5 juta euro (Rp1,1 triliun) kepada Inter, Barcelona juga memasukkan sang penyerang yakni Samuel Eto’o ke dalam paket transfer. Hal itu membuat Ibrahimovic jadi pemain termahal yang didatangkan Barcelona saat itu. Akan tetapi, Ibrahimovic yang berstatus sebagai top skor Liga Italia 2008-2009 justru melempem bersama Barcelona.

Dari 46 penampilan, penyerang berpaspor Swedia itu hanya mengemas 22 gol. Posisi jadi masalah utama yang dihadapi Ibrahimovic saat itu. Penyerang bertubuh kekar itu dimainkan di posisi winger kiri oleh pelatih Barcelona saat itu, Josep Guardiola. Saat itu, Guardiola lebih memilih memainkan Messi sebagai penyerang tengah ketimbang Ibrahimovic. Alhasil pada bursa transfer musim panas 2010, Ibrahimovic dipinjamkan ke AC Milan, sebelum pindah secara permanen semusim kemudian.

2. Alex Song
Song pernah disebut pelatih Arsenal, Arsene Wenger, sebagai salah satu gelandang terbaik di dunia. Selain piawai mendistribusikan bola, gelandang berpaspor Kamerun itu juga andal merebut bola dari kaki lawan. Pada akhirnya, Song diboyong Barcelona dari Arsenal pada bursa transfer musim panas 2012 senilai 19 juta euro (Rp324 miliar).

Akan tetapi, Song gagal mengemulasi performanya di Arsenal bareng Barcelona. Hal itu karena Song kalah bersaing dari Sergio Busquets. Selama empat musim (2012-2016) membela Barcelona, Song sempat dipinjamkan ke West Ham United. Total, ia hanya 65 kali berseragam Barcelona dengan koleksi satu gol dan dua assist.

1. Aleksandr Hleb
Hleb merupakan pemain andalan Arsenal dalam periode 2005-2008. Gelandang asal Belarusia itu merupakan sosok kunci saat Arsenal melaju hingga final Liga Champions 2005-2006. Tampil apik bersama Arsenal, Hleb pun diboyong Barcelona pada bursa transfer musim panas 2008.

Akan tetapi, pesona Hleb sama sekali tak terlihat bersama Barcelona. Gelandang berambut pirang itu kalah bersaing dengan Xavi Hernandez dan Andres Iniesta. Selama empat musim dikontrak Barcelona, Hleb hanya mengemas tiga assist dari 36 laga.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mau Hengkang dari Juventus, Ini Jawaban Menohok dari Sang Bintang

Tak Mau Sendiri, Cristiano Ronaldo Ajak Bintang Madrid Lainnya Pindah Ke Juventus

3 Alasan Karim Benzema Kembali Tajam Musim Ini, Nomor 2 Faktor Krusialnya